Cara Membuat Podcast dan Aplikasi yang Rekomendasi Terbaik di Hp

Cara Membuat Podcast dan Aplikasi yang Rekomendasi Terbaik di Hp

Cara Membuat Podcast Sendiri di Hp. Ada 4 point penting yang akan saya bagikan ke anda di tulisan ini, terutama bagi anda yang baru saja mendengarkan tentang podcast. Lalu anda bertanya, Apa itu Podcast?

Nah, sebenarnya di beberapa kesempatan sering saya share di facebook, kalau saya siap upload podcast, tapi memang karena merasa aneh, mungkin temen-temen saya di facebook belum banyak yang punya niat untuk mendengarnya, sehingga pertumbuhan follower saya dan jumlah yang mendengar juga belum sampai 100.

Tetapi trends yang akan terjadi ke depan Audio ini menjadi salah satu tools yang sangat cocok terutama untuk pasar Indonesia. Mengapa? Simak selengkapnya, sudah di kupas tuntas hingga bagaimana menghasilkan uang (monetize) podcast anda menjadi duit. Siap?

A. Apa itu Podcast?

Pasti anda bertanya, emang Podcast itu apa? Ya, betul, saya juga awal bertanya demikian, intinya begini menurut saya. Podcast adalah Audio yang bisa di dengar secara online selain musik seperti ngobrol, wawan cara, streaming dan lain sebagainya.

Orang yang berbicara di podcast ini disebut dengan podcaster, sama halnya dengan yang membuat youtube disebut dengan Youtuber ya.

Rasanya video aja belum pernah buat, baru asal-asalan aja selama ini, iseng, atau buat insta story aja, kok sudah ada aja yang baru, podcast ini. Emang kenapa sih harus podcast?

Sebenarnya bukan hal yang baru ya, setidaknya ini sudah pernah saya dengar sekitar 2015 yang lalu, tapi memang terjadi perlambatan, sehingga kita jarang mendengarnya. Sayapun ada beberapa akun di aplikasi podcast tapi sudah lupa, masih ada tertinggal 1 sepertinya yang saya pakai sampai dengan saat ini.

Nah sekarang…
Termasuk para blogger yang tadinya menulis juga mulai beralih ke podcast secara perlahan, karena peluangnya sangat besar, katanya. kira – kira 4 point ini yang menjadi alasan yang pernah saya dengar dari para senior podcaster

a.1. Masa depan content adalah audio
a.2. Audio Cara Komunikasi Natural (medium konten yang Indonesia bangat)
a.3. Trend Audio naik (Google Search Audio, Audio Streaming 1×5 kali dari video, Per
a.4. Audio bisa di dengar dimana saja tanpa harus melihat screen

2019 menjadi tahun kebangkitan podcast, dimana podcast akan masuk ke dunia Industri
Brand-brand akan mulai masuk ke dunia podcast apakah itu dalam bentuk edukasi, sosial dan lain sebagainya.
Youtuber-youtuber juga mulai masuk atau melirik podcast, mengapa?

Karena mulai di sadari bahwa dengan jumlah view ternyata tidak menjadi jaminan karena video2 mulai tidak ditonton, content video juga mulai seperti ngobrol2 saja sehingga sebenarnya tidak perlu harus ditonton.
Contoh trend sekarang misalnya wawancara dalam bentuk video, tidak mesti harus ditonton, yang penting suaranya kedengaran, karena itu untuk apa ke video, mending ke podcast saja toh juga gak ditonton videonya, cuma mendengar saja.

Sehingga kehadiran podcast juga sebenarnya bisa di dengar dimanapun dan kapanpun tanpa harus melihat screen dan bisa melakukan aktivitas yang sama di waktu yang bersamaan. Contoh anda yang sedang bisnis kue dirumah, anda juga bisa mendegarkan podcast sambil anda mendengarkan podcast. Karena tidak perlu harus menonton.
Gitu kira – kira gaes…

B. Pengalaman di Podcast

Saya sendiri belum punya pengalaman banyak di podcast, terutama sampai dengan saat ini saya belum menghasilkan dari podcast itu sendiri. Karena memang dari bebera tahun belakangan uploadnyapun masih sekedar saja. Kemudian hanya menggunakan alat ala kadarnya dan sekedar ikut – ikutan. Tetapi setelah membaca trends Digital Marketing 2020 salah satu yang paling sering di share adalah tentang audio.

Inilah pengalaman dari beberapa podcaster yang sudah kembali lagi ke dunia podcast setelah pernah dimulai dan ditinggal, tetapi sekarang mereka sudah menikmati hasilnya :

  1. TANPA FILTER. Awalnya blogger, akhirnya cerita2 di podcast. mengapa, kadang tidak semua yang ada di pikiran bisa ketulis, karena banyaknya filter yang kita lakukan. Tetapi dengan podcast ini, apa yang kita pikirkan langsung bisa kita ungkapkan saja apa yang dipikiran kita, tanpa harus banyak filter.
  2. SINGLE ATAU KOLABORASI. Kalau mau buat podcast tidak ada batasan, mau langsung berbicara sendiri boleh, bisa ide apa saja yang sedang kita pikirkan,enaknya bisa juga dengan ngobrol dengan orang lain.
  3. Ngobrol dengan siapa? anak muda harus growth mind.
  4. Menginspirasi pendengar

Berdasarkan pengalaman mereka selama ini yang sudah eksis di podcast dan sudah menghasilkan ada 3 point penting yang harus anda jawab agar anda bisa menjadi podcast terbaik yang disukai oleh audiens anda :

  • Topik / Bahasan Spesifik. Hal yang sama juga ketika anda menulis di blog, anda harus menentukan topik yang akan anda ulas. Karena itu, topik yang harus anda buat haruslah spesifik. Contoh jika anda mengulas bola, masih terlalu luas. Yang spesifik bagaimana? Misalnya sepak bola indonesia.
  • Siapa Audiens Anda. Anda harus bisa membayangkan, ketika anda nongkrong dan anda berbicara, kira – kira siapa yang akan mendengarkan anda (calon audiens). Itulah yang harus anda pikirkan, misalnya anda akan share di akun fb anda, kira-kira mereka selama ini sering tidak berinteraksi dengan anda?
  • Personal Branding. Ternyata penting ya, Anda dikenal sebagai apa? Karena itu, sebenarnya kalau selama ini anda sudah punya personal branding bagus di sosmed, akan mudah membawa mereka ke podcast. Ketika orang tau siapa anda. Karena ujung – ujungnya adalah siapa follower anda.

Nah sekarang silahkan tutup dulu tulisan ini, setelah itu anda boleh tuliskan 3 jawaban atas 3 pertanyaan ini :

  1. Apa topik yang ingin anda bahas?
  2. Siapa yang akan mendengarkan podcast anda?
  3. Anda di kenal sebagai apa?

Kalau sudah anda tau jawaban dari ketiga tersebut, maka kita lanjutkan ke bahasan berikutnya point ketiga.

C. Gimana Cara Buat Podcast

Pada bahasan ini, kita akan belajar bagaimana cara membuat podcast, terus aplikasi podcast terbaik dan peralatan yang dibutuhkan apa saja.

1. Perlatan yang dibutuhkan untuk membuat podcast adalah :

  1. Recorder, Saat saya membuat podcast, hanya menggunakan smartphone asus saja, artinya dengan alat sederhana ini bisa langsung pakai, yang penting mulai dulu. Saya pikir anda semua punya smartphone dan ada fasilitas record atau bisa install aplikasinya.
  2. Laptop, hari gini tidak punya laptop? Saya tidak yakin. Tetapi sepahit – pahitnya kalaupun tidak punya, pasti temannya punya, pinjam aja. Kalau gak bisa langsung ke warnet deh.
  3. Internet, jangan sampai anda bilang, maaf pak saya tak punya paket, haha. Semua punya paket internet kan ya. Kalaupun belum punya, nongkronglah sebentar ke cafe, anda pesan kopi dan passwod wifi lalu anda upload podcastnya.

2. Langkah – langkah membuat podcast

Tadi kita sudah bahas ada 3 point yang harus anda persiapkan sebelum membuat podcast dan saya yakin anda sudah mencatatnya dengan baik. Jika sudah, maka langsung saja ke langah berikui ini :

1. Tulis idenya (contoh ide dalam bentuk yang spesifik ya), kemudian anda boleh

  • Ada yang pakai script lengkap
  • Ada yang pakai point2 saja

2. Rekaman, bisa pakai aplikasi juga boleh https://anchor.fm/
3. Editing, biasanya menggunakan aplikasi dari Audacity https://www.audacityteam.org/
4. Upload

Tanya : Berapa sih waktu yang bagus untuk podcast?
Tidak ada jawaban yang pasti, tidak wajib atau tidak ada patokan, Tetapi biasanya berdasarkan personal branding, kalau personal branding anda belum kuat, bisa 15-20menit. Tetapi kalau sudah kuat bisa 45-60menit.

D. Membuat Podcast Lebih Menarik

Oh ya, setelah anda upload, anda harus mempersiapkan juga beberapa hal yang harus anda masukkan pada aplikasinya nanti :

  • Judul, karena ini yang akan tampil di mata calon pendengar, karena faktor judul ini besar, 2-3 kata pertama menjadi super penting, mengapa anda harus di dengarkan. Cth : 7 Prinsip Hidup dan seterusnya
  • Tumbnail, berupa gambar, kalau bisa mengandung logo ada di atas, Title di bawah dan sub judul, kemudian cover yang sesuai / menarik.
  • Deskripsi, pada podcast juga ada deskripsi yang harus kita masukkan. Ada orang yang tertarik dengan judul, tetapi karena kurang yakin, biasanya akan dilanjutkan dengan membaca deskripsi.
  • Sosmed Promo, jangan lupa, bahwa podcast juga dibuat tetap untuk kepentingan orang banyak, sosmed adalah salah satu tools yang bisa digunakan mempromosikan podcast anda.
  • Aplikasi Podcast Terbaik yang bisa di pakai

Selain aplikasi apa saja yang menjadi pilihan sesuaikan dengan pengalaman anda saja sih. Kalau saya masih menggunakan soundclouds yang gratisan. Renca juga akan masuk e anchor. Karena itu ada beberapa 3 point penting yang harus anda ketahui, selain dari aplikasi podcast yang bisa anda gunakan.

  1. Logo – semenarik mungkin sesuaikan dengan topik anda boleh persiapkan terlebih dahulu.
  2. Hosting / Aplikasi yang digunakan ada banyak pilihan Pippa, Soundcloud, Anchor, Spotify, Apple Podcast, Castbox
  3. GrowthHack. Terakhir ini penting, karena tujuan akhirnya adalah bagaimana podcast kita bisa menghasilkan (motize). Pesannya adalah konsisten dengan 1 topik, distribusi ke komunitas yang relevan,
  4. Promo di dalam podcast dan bisa jadi narasumber

Mudah – mudahan dari semua penjelasan yang saya sebutkan di atas dapat membantu anda. Jika anda ingin mendengarkan podcast saya, anda boleh lihat beberapa podcast yang saya buat di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.