Anda Masih Pemula? Ini Dia Yang Anda Perlu Ketahui Dalam Digital Marketing!

Digital Marketing Untuk Usaha Pemula – Bisnis digital marketing memang belakangan ini menjadi fenomena yang tidak dapat dipungkiri pesat sekali perkembangannya. Didukung dengan fakta bahwa bisnis digital membutuhkan sekali marketing yang pas dan efektif sehingga bisnis tersebut bisa berjalan dengan baik. Seiring dengan berjalannya waktu, bisnis digital semakin dilirik oleh banyak orang.

Digital marketing memang terdengar sangat praktis dan menguntungkan, tetapi, dalam melakukannya, digital marketing tidak dapat dilakukan dengan asal- asalan. Butuh ilmu dasar dan ketekunan dalam mengerjakannya. Oleh karena itulah, saya akan membawa Anda untuk mengenal digital marketing ini dan hal – hal yang harus dilakukan untuk Anda para pemula!

Apa Itu Digital Marketing?

DIGITAL MARKETING adalah usaha untuk memperkenalkan suatu produk kepala pembeli/calon pembeli/konsumen. Dengan digital marketing, maka penjualan produk/jasa dapat terjangkau ke seluruh daerah tanpa batasan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi.

Setelah Anda mengetahui pengertian Digital Marketing, Anda mungkin bertanya — Tanya, “lalu apa tujuan yang dicapai melalui Digital Marketing ini?.” Mari kita ketahui bersama.

Apa Tujuan Digital Marketing?

Tujuan utama dari Digital Marketing adalah pemasaran yang memanfaatkan alat atau media digital untuk menjangkau target konsumen secara cepat, tepat dan luas. Selain itu juga bisa lebih efektif dan efisien dalam penggunaan dana iklan untuk kepentingan usaha atau bisnis.

Mengapa Harus Menggunakan Digital Marketing?

karena dengan menggunakan digital marketing, pekerjaan anda akan lebih fleksibel, dapat berkomunikasi dengan calon konsumen dengan mudah dan cepat, menghindari pemborosan resoure dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Kini anda sudah mengetahui ilmu paling dasar mengenai digital marketing, kini anda dapat mencari tahu lebih banyak dari ini.

Maka dari itu berikut saya berikan tips-tips bagi para pemula yang hendak memulai digital marketing. Anda yang sudah terjun lebih lama juga tentu tidak ada salahnya membaca artikel ini sampai habis. Mungkin saja masih terdapat bagian yang bisa Anda kembangkan bukan?

Baca juga : Susah Dapat Ide Bisnis? Ini Dia 5 Cara Menemukan Ide Bisnis Untuk Semua Kalangan!

Yang harus dilakukan dalam digital marketing untuk pemula

Ada 6 hal yang harus dilakukan dalam digital marketing untuk pemula. Apa – apa saja? mari simak berikut ini :

  1. Saatnya anda bergerilya sekarang menggunakan digital marketing
    Pada awalnya gerilya marketing dilakukan dengan memasang poster, banner dan semacamnya misalnya, beriklan di media yang berada di tempat keramaian, seperti terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan, halte bus, bandara, mal, sampai di sarana transportasi seperti kereta komuter, bus, dan pesawat.

    Kini, seiring pesatnya perkembangan internet, telah ada pula namanya gerilya digital marketing. Bagaiman melakukan gerilya menggunakan digital marketing?

    Wujud kegiatannya bermacam-macam. Mulai dari aktif nge–tweet di Twitter, atau posting status di Facebook, sampai memanfaatkan email blast, dan mailing list untuk menjangkau banyak viewer. Intinya, memaksimalkan berbagai media untuk menjangkau banyak viewer sekaligus menunjukkan eksistensi produk atau jasa yang ditawarkan.
  2. Pasar butuh edukasi, sering – sering lah berbagi cerita kegiatanmu disosmed
    Dalam melakukan promosi melalui digital marketing, anda harus selalu mengupdate kegiatan atau hal – hal yang berkaitan dengan sesuatu yang anda promosikan karena calon pelanggan tidak dapat melihat dan menyentuh langsuns produk yang anda tawarkan. Oleh sebab itu, selalu update dan berikan edukasi/informasi yang lengkap agar dapat dimengerti oleh pasar
  3. Ketahui siapa konsumen mu
    Secara umum, target pasar bertujuan untuk memastikan bahwa pemasaran Anda tepat sasaran. Hal ini penting untuk meningkatkan penjualan sekaligus mengukur tingkat keberhasilannya.

    Cara mengetahui siapa konsumen/target pasar mu :
    A. Kenali Konsumen untuk Produk Bisnis yang Anda Jual
    Strategi pemasaran digital yang harus Anda kenali adalah konsumen seperti apa yang hendak dibidik. Apakah konsumen anak-anak, remaja, dewasa, atau yang sudah orangtua. Tetapkan rentang usia konsumen untuk produk bisnis yang Anda jual.

    B. Kenali Produk Spesifik yang Dibutuhkan Konsumen
    Strategi pemasaran digital yang harus Anda kenali berikutnya adalah kenali produk seperti apa yang benar-benar dibutuhkan konsumen. Dalam hal ini Anda perlu mengetahui secara spesifik produk apa yang sedang dicari konsumen.

    C. Demografi dari Calon Pembeli Produk Anda
    Demografi adalah segala sesuatu yang terkait dengan dinamika penduduk. Hal ini meliputi jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, dan lainnya.

    Jika Anda mengetahui demografi dari calon pembeli, tentu Anda akan mengetahui seberapa besar target pasar Anda dan pendekatan pemasaran apa yang paling tepat dilakukan.
  4. Pakai saluran apa saja?
    Berikut ini 6 saluran pemasaran online utama yang harus Anda perhatikan untuk bisnis online Anda.

    A. Search engine (SEO)
    Sangat sedikit situs yang tidak akan mendapat keuntungan dari traffic mesin pencari (search engine).

    Tidak peduli apa itu industri Anda, beberapa target custimer Anda pasti menggunakan search engine untuk mencari sesuatu.
    Namun bukan berarti Anda harus harus menghabiskan seluruh waktu Anda dengan SEO. SEO tidak selalu menjadi saluran pemasaran online terbaik, tapi Anda harus melakukan riset pada yang satu ini.

    B. Iklan pay-per-click (PPC)
    Ketika Anda mengidentifikasi saluran pemasaran, yang pertama kali Anda ingin pastikan adalah apakah saluran tersebut memang benar-benar dapat menjangkau pembaca atau target Audience Anda.

    Di PPC, memungkinkan Anda untuk mendorong jenis lalu lintas yang sama (jika Anda menggunakan AdWords) saat pertama kali sebuah konten dipublish. Ada lebih banyak platform juga yang dapat digunakan seperti Facebook ads, Instagram ads.

    C. Anda tidak harus selalu bersaing dengan blog lain
    Jika Anda memulai sebuah blog, pasti ada blog lain yang mirip dengan blog yang Anda buat.

    Jika tidak, mungkin tidak banyak customer potensial membaca blog di tersebut, dan Anda membuang-buang waktu Anda. Satu-satunya pengecualian adalah jika Anda menulis tentang topik yang sangat baru dan baru saja mulai berkembang.

    D. Media Sosial
    Anda bisa sangat berhasil atau sama sekali gagal, jika memasarkan konten Anda di media sosial.

    Untuk menggunakan media sosial secara efektif, Anda membutuhkan ekstra follower dan pembaca yang bisa didapatkan dari “like” dan “share.” Meskipun mungkin ada beberapa fluktuasi, Anda akan melihat bahwa ada pola ketika datang ke media sosial yang paling populer. jika Anda memilih untuk menggunakan media sosial ,Anda akan fokus pada media sosial mana yang paling populer.

    E. Forum
    Forum telah eksis sejak awal internet dan terus memainkan peran besar dalam kehidupan online sebagian besar pengguna. Forum adalah tulang punggung dari internet.

    F. Situs Tanya Jawab/Q & A (question & answer)
    Beberapa pertanyaan kelompok kekuatan dan jawaban (Q & A) situs dengan situs media sosial, tapi saya pikir mereka cukup khas untuk menjamin bagian mereka sendiri. Situs Q & A terbesar adalah Quora dan Yahoo Answers.
  5. Lihat keunggulanmu, cek kompetitor mu, agar bisa kamu tawarkan sesuatu yang berbeda
    Dalam menghadapi kompetitor, terlebih dulu lihatlah potensi pasar yang ada. Cari tau siapa pesaing yang kompeten saat ini, sehingga Anda tidak salah langkah dalam menentukan strategi. Dengan mengetahui siapa pesaing Anda, secara tidak langsung akan mengetahui kelebihan dan kelemahan pesaing dan menentukan bagaimana cara menghadapinya.

    Ingatlah bahwa anda sedang bersaing, oleh karena itu, ciptakan produk yang lebih dapat memecah masalah yang dihadapi oleh konsumen anda dan selalu mempertahankan kekuatan produk yang anda ciptakan.
  6. Berikan variasi strategi, misal content interaktif dengan melibatkan konsumen.
    Konten adalah hal yang penting dalam digital marketing. Tetapi, konten yang monoton pasti akan sangat membosankan. Oleh karena itu, konten interaktif yang melibatkan konsumen anda akan menciptakan suasana baru. Apa saja konten interaktif itu? Ada banyak, yaitu kuis, polling, kompetisi, infografis, dan lain sebgainya.

    Manfaat dari konten interaktif :
    A. Menarik minat konsumen potensial
    Konten interaktif itu sangat efektif dalam mengedukasi calon pembeli, dan karena isinya memiliki relevansi yang cukup tinggi dengan para audiens, sehingga mendorong mereka untuk mau membeli produk yang ditawarkan.

    B. Membantu dalam meningkatkan pemasukan bisnis
    Ketika sebuah konten sudah berhasil mengajak masyarakat untuk mau terlibat di dalamnya, maka tidak diragukan lagi kalau konten tersebut juga memiliki kekuatan untuk membantu penjualan dan
    menaikkan pendapatan pada bisnis yang kita kelola.

    C. Mendorong masyarakat untuk mau membagikan konten kita
    kekuatan konten interaktif ketika sudah memiliki relevansi yang kuat dengan para audiensnya. Konten yang dibuat tadi menjadi memiliki efek bola salju sehingga semakin banyak orang yang mau ikut terlibat di dalamnya.

Itulah yang perlu anda ketahui sebagai pemula dari digital marketing. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memulai digital marketing dan mempraktekkannya dalam digital marketing. Semoga anda sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.