Apa itu Digital Marketing Gaes, Mengapa Harus, Bagaimana Caranya Kursus di Pekanbaru

Apa itu Digital Marketing Gaes, Mengapa Harus, Bagaimana Caranya Kursus di Pekanbaru

Apa itu Digital Marketing Gaes?

Jadi begini, ternyata ketika saya berbicara tentang Digital Marketingbanyak juga yang bertanya bedanya dengan Internet Marketing itu apa? nah begini kira – kira perbincangan kami. Karena kalau nanti saya berbicaranya formal, malah bingung dengan banyak istilah – istilah ya.

Kursus Internet Marketing Bisnis Online Pekanbaru

Jadi anggap saja kita berdua sedang ngobrol ya.

Dulu waktu saya awal belajar tahun 2010 banyak yang bilang tentang Internet Marketing. Jadi saya tidak terlalu pusing dengan istilahnya, taunya kalau kita memasarkan ke orang – orang dengan tatap muka, sedangkan Internet Marketing itu menggunakan internet sebagai media pemasarannya.
Bagaimana dengan Digital Marketing?

Nah, kalau Digital itu menurut saya gini, cara atau pola pemasaran produk dengan cara elektronik (digital), kalau dulu hanya sebagas televisi, radio dan lain2, terbatas bukan, jadi sekarang internet juga menjadi trend, karena para pengguna internet mencari produk melalui media digital seperti smartphone.

Strategi Digital Marketing

Digital Marketing / Internet Marketing itu, saya bagi menjadi 2 yaitu yang berbayar atau GRATISan. Digital Marketing itu hanyalah alat, jadi membantu anda menyebarkan brosur, menyampaikan informasi kepada orang lain (calon pembali) secara digital.

Beberapa strategi Digital Marketing yang bisa digunakan adalah :

  • SEO – Search Engine Optimization (Gratis)
  • Periklanan Online – FB ads, Adwords, dll (berbayar)
  • Iklan televisi & radio
  • Billboard elektronik (video tron)
  • Email marketing
  • Mobile marketing

Oh gitu…
Gak ada jaminan kalau kita pakai internet marketing ya.

Begini gaes…
Biasanya kan kalau selama ini anda promosi kan pakai sebar-sebar brosur, dilampu merah, diletakkan di ATM, meja kasir cafe atau supermarket, tempel dipohon, tempel ditiang listrik, dan lain2. Masih ingat kan? atau pernah perhatikan di jalan – jalan atau dikomplek perumahan?

Nah, andakan harus nyuruh orang atau ngerjain sendiri. Itupun biasanya malam hari setahu saya.

Tentu anda akan cari tempat2 yang ramai dilewati orang, agar brosur anda / iklan anda dilihat oleh orang yang lewat (traffic).

  • Apakah ada jaminan jualan anda laris? Anda yang jawab ya.
  • Apakah ada yang lihat Iklan anda di tiang listrik atau tempat lainnya? Belum tau…

Nah dengan Internet Marketing anda gak perlu lagi repot2 nempel ditiang listrik, nyari tikungan, nyari tempat yang banyak dikunjungi orang.

Mengapa harus menggunakan Digital Marketing?

Karena sekarang sebahagian besar sudah berpindah sekarang mereka ke internet/online. Butuh sesuatu, para calon konsumen tinggal buka Google (gugel).

Beda dengan kita dulu, kalau butuh sesuatu, telepon ke telkom 108 atau yellow page. Kalau kita pergi nyari ke suatu tempat, nanya ke orang – orang sekitar, sekarang sudah tidak gitu lagi gaes. Apa-apa buka smartphone, langsung cari dan ketemu.

Nah karena itu anda harus hadir sekarang di Online dengan istilah #INTERNETMARKETING / #ONLINEMARKETING / #DIGITALMARKETING.

Jadi tadinya di tempel tiang listrik sekarang ganti di Google Map, tadinya dilampu merah, sekarang di facebook. Gitulah misalnya.

  • Apakah ada jaminan jualan anda laris? belum tau, harus dicoba, tapi sudah banyak yang membuktikan. Sudah 4tahun saya memajukan diri dari perusahaan dan semua bisnis saya mendapatkan pelanggan dari internet.
  • Apakah ada yang lihat Iklan anda di internet? Bisa ketahuan, berapa orang yang lihat, berapa orang yang membaca dan berapa yang klik. jadi terukur

Manfaat Digital Marketing itu

Sering dengar juga kali ya, tag line seperti ini, “low budget high impact” atau dengan budget yang murah tetapi hasilnya lebih besar.

Kenapa?

Seperti saya jelaskan di atas tadi, mungkin sudah bisa anda bayangkan betapa efektifnya, betapa sangat bermanfaatnya sejak kehadiran digital marketing ini.

  • Biaya lebih murah / irit, contoh brosur hanya didesign langsung bisa disebar (biaya cetak tidak ada)
  • Dari rumah bisa langsung promosi
  • Jangkauannya sangat luas, tergantung jenis layanan bisnis anda.
  • dan lain – lain.

Pastinya sangat bermanfaatlah.

Sekedar info saja, saat ini saja jumlah pengguna internet di Indonesia sekitar 60% dari jumlah penduduk Indonesia 260jutaan, segitu ramainya kancah dunia digital ini, apalagi nanti 100%. Wow…

Jadi Digital Marketing itu, masih punya peluang besar 10 – 20tahun ke depan.

Oh gitu …
Saya ngerti. Terus kalau belajarnya gimana tahapannya?

Cara Memulai Digital Marketing untuk Pemula

Menurut saya sih anda boleh memilih 2 jenis ini :

  • Jasa Digital Marketing
  • Kursus / Belajar Digital Marketing langsung

Tapi yang pasti,  pertama Bayar DPnya dulu, baru bisa melangkah ke selanjutnya hahaha

Jika anda tidak masalah dengan budget atau biaya, anda boleh menggunakan Jasa Digital Marketing, jadi tidak perlu repot – repot lagi ngurusnya. Tapi sayangnya, ketika anda belum faham, akan repot kedepannya.

Contoh simple saja, ada temen saya yang pesan website, setelah 1 tahun tidak tau memperpanjang websitenya, akhirnya websitenya hilang begitu saja. Sayang bukan? padahal ini baru cuma 1, website saja, bagaimana dengan akun sosial medianya dan lain sebagainya.

Karena itu solusinya, paling tidak anda bisa belajar pelan – pelan dari awal, agar bisa memahami konsepnya. Kelak karna kesibukan, walau anda harus juga bayar jasa, sudah tau ruang lingkup yang ingin anda dapatkan. Ada banyak tempat kursus internet marketing yang bisa anda coba konsultasikan untuk kebutuhan bisnis anda.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.